aprizye

Ramadhan dan Kemerdekaan

Posted on: August 15, 2011

ketupat
ketupat

Ramadhan dan kemerdekaan peristiwa penting yang terkadang tidak dapat di pisahkan bagi rakyat Indonesia.  karena sering sekali peringatan kemerdekaan RI di bulan ramadhan yang penuh dengan rahmat. Seperti yang kita tahu pada saat 17 agustus  1945 saat proklamasi di kumandangkan bertepatan pula dengan bulan Ramadhan saat para pejuang kita yang bersusah paya sampai titik darah penghabisan untuk membebaskan NEgar a kita dari para penjajah saehingga kita bisa menikmati kemerdekaan sepeti  sekarang ini olaeh sebab itu kita jangn pernah melupakan jasa dadri para pahlawan kita yang telah berjuang untuk Negara yaitu dengan mempersembahkan yang terbaik unatuk bangsa kita

Tetapi berbeda dengan penyambutan Ramadhan yang begitu terasa sangat kental , orang-orang sibuk dengan pesiapan saat  menyambutnya. Dan saat peringatan hari kemerdekaan itu tiba orang-orang tidak begitu sibuk untuk mempersiapkannya dan antusian dari rakyat Indonesiapun berkurang mugnkin karna faktor berpuasa  walaupun bendera Merah Putih sudah banyak berkibar di Jalanan kota tetapi oang-oang lebih tertarik untuk menyiapkan Hari Raya Idul Fitri itu tiba di bandingkan dengan kemrdekaan mungkin rasa Nasionalisme dardi rakyat Indonesia sudah sedikit pudar dari waktu kewaktu.

ramadhan

ramadhan

Berbeda dengan kemeedekaan yang di peringati  tidak di bulan ramadha masyarakat antusias untuk menyambutnya  mempersiapkan perlombaan muali dari pertandingan sepakbola yang biasaanya sudah dimuali sebualn sebelum hari kemer dekaan itu tiba sampai lomba-lomba yang panjat  pinang, makan kerupuk, dan perlombaan yang menarik lalinya. Sehingg a perayaan kemerdekaan itupun menjadi sangat meriah dan terasa begitu menyenangkan.

Seharusnya berpuasa bbuakn menjadi alasan untuk tidak berpartisipasi dalam kegiatan kemrdekaan wlaupun kita tidak bisa berpar tisipasi dalam perlombaan karena terlalu menguras tenaga. Kita bisa merayakannya dengan mengikuti upacara kemerdekaan yang hanya 2 jam, itu pun kita melakukannaya  hanya sekali dalam satu tahun, juka kita bukan pelajar lagi atau PNS yang setiap senin melakukan upacara Bendera. Jadi  ramadhan bukan penghalang untuk merayakan kemerdekaan.

2 Responses to "Ramadhan dan Kemerdekaan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: