aprizye

Jilbab penghlang berhias dan penyebab kerusakan rambut??

Posted on: July 19, 2011

jilbab
jilbab

Banyak yang berpikir dengan memakai jillbab menghalanginya untuk bisa tampil gaul dan trendi. Terkadang berhias sering kali dijadikan ala

san untuk meragukan kewajiban berjilbab. bisikan ini sejalan dengan banyaknya bermunculan jenis make up jahiliah. apakah benar definisi berhias itu dengan memakai pakaian tipis, lengan pendek, bercelana pendek atau setengah paha, sementara rambut yang indah terurai menari-nari mengikuti terpaan angin di tambah farpum yang semerbak. Apkah berhias yang seperti itu yang teman-teman maksud??

sebelum membahas lebih lanjut tentang hal itu ada beberapa dalil tentang kewajiban bagi wanita muslim untuk memakai jilbab :

  • Al ~ Qur’an surat An – Nur (24): 31

Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman, supaya mereka menahan sebagian penglihatan, memelihara kehormatannya dan tiada memperlihatkan perhiasannya (tubuhnya) selain dari yang nyata (mesti terbuka – muka dan tangan). Dan hendaklah mereka sampaikan kudungnya ke leher dan dadanya, dan tiada memperlihatkan perhiasannya (tubuhnya), kecuali kepada suaminya, bapaknya, bapak suaminya, anak-anaknya, anak-anak suaminya, saudara-saudaranya, anak saudara-saudaranya, anak-anak saudara perempuan sesama perempuan, hamba sahaya kepunyaannya, laki-laki yang menjalankan kewajibannya tetapi tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), dan anak-anak yang belum mempunyai pengertian kepada aurat perempuan. Dan janganlah mereka pukulkan kakinya, supaya diketahui orang perhiasannya yang tersembunyi. Dan tobatlah kamu semuanya kepada Alloh, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung

  • Al ~ Qur’an surat Al – Ahzab (33): 59

Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istri engkau, anak-anak engkau yang perempuan dan perempuan-perempuan orang-orang yang beriman, supaya mereka menutup tubuhnya dengan baju dalamnya (ketika mereka berjalan ke luar). (Dengan) demikian itu mereka lebih patut dikenal dan (karena itu) mereka tidak diganggu. Dan Alloh itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

  • Hadist Shohih Abu Dawud No. 3945; Buku IV; halaman 521

Dari Khalid bin Duraik, dari Aisyah r. A. Asma’ binti Abu Bakar R. A., pernah berkunjung kepada Rasulullah S. A. W. memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah S. A. W. berpaling dari padanya seraya bersabda: “Wahai Asma’, sesungguhnya wanita apabila telah baligh, tidak benar terlihat dari padanya kecuali ini… dan ini…”. Beliau memberi isyarat kepada wajah dan kedua tangannya.

begitu banyak dalil yang isisnya mewajibkan kita untuk memakai jilab, tapi jika kita belum memaki jilbab karana belum mendapat hidayah. Itu bukan lasan lagi sekarang, karna hidayah itu harus kita jemput.

sebenarnya pemahaan berhias seperti yang dijelaskan sebelumnya   hanya akan menjauhkan kita semua dari identitas sejati sebagai seorang muslim. Teman Islam tidak pernah menghalangi kita untuk berhias, isalm sendiri memiliki aturan yang jelas tentang tata cara berhias. jadi walaupun kita memakai jilbab masih tetap bisa tampil trendi dan menarik, karena sekarang banyak sekali berbagai jenis aksesoris untuk jilbab dan berbagi model  jilbab yang bagus dengan motif dan warna yang sangat indah. Dan ingat kita harus pintar-pintar memilih jilbab, pastinya yang sesuai deng ajaran islam. Tidak tipis dan sampai menutupi dad.

Ada beberapa mitos  yang mengatkan bahwa memakai jilba mengakibatkan rambut rontok, ketombe dan penyakit rambut lainnya. jangan sampai itu menjadi menjadikan kita untuk enggan memakai jilbab. Coba kita pikir apa  kaitanya antara jilbab dengan penyakit rambut? padahal terbukti jilbab banyak sekali manfaatnya, misalnya untuk melindungi kepala dan rambut dadri sinar ultraviolet pada siang hari dan perlindungan dari debu yang ada di jalan ketika kita keluar rumah. Padahal hal tersebut yang menyebabkan penyakit rambut yang kita alami, tetapi terkadang para jilbaber kurang memerhatikan atau bahkan tidak memerhatikan sama sekali  kesehatan rambut dan kulit kepalanya. Padahal perawatan rambut sangatlah penting karena seperti yang kita tahu rambut adalah mahkota bagi muslimah. kesehatan rambut juga saam seperti oragan lain tubuh kita yang harus diperhatiakan.  Saya mempunyai beberapa tips sehat berjilbab dari buku yang saya baca.

1. pilihlah jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. seperti katun atau kaos. bahan kain lain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala. Udara Meminimalisir dalam jilbabb ternyata bisa merusak rambut.

2. Kalau kita tipe orang yang suka model kerudung modern, boleh-boleh saja mengkresikan model kerudung hingga berlapis-lapis. Tapi ingat Jangan lebih dari empat heali. Sebab semakin tebal kerudung yang kita guankan, makin sulit rambut bernafas.

3.Hindari mengunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Selain membuat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab, jika sudah lembab, jamur dan bakteri pasti datang.

4. jika hendak memakai jilbab lebih baik mengurai rambut dan tidak mengikat terlalu kencang. untuk menghindari rambut yang tergulu jangan biarkan panjang rambut lebih dadri 60 cm. Inialh kelebihan memakai jilbab yang lebar dan panjang, tetap aman walaupun rambut terurai namun masih tertutup.

5. Hindari warna gelap  untuk jilbab, warna gelap mudah menyerap matahari. jika aktivitas lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna yang lembutatau putih saja.

6. Jangan terbiasa  mengikat jilbab dibagianleher. Walaupun itu memang sebagai modell tapi ketahuila bahwa dengan mengikat jilbab keleher,maka udara ayngkeluar masuk ke rambutakan semakin sedikit. jilbab seabaikanya dilepas hingga bagian tepinya menjulai agar rambutmudah bernafas. Buaknkah ini Sudah Allah sebutkan dalam Al-Qur’an yang menyuruh agar jilbab diulurkan sampai menutup dada?

7. Jangna terlalau sering memekai dalaman jilbab yang bebetuk topi, bando, dan yang sejenisnya,  selain menutup rambut keseluruhan hal ini mengakibatkan sikulasi udara menjadi sedikit.

8. Jangan menutup rambut ketiak masih basah. Kebiasaan ini akan menjadi kondisi rambut dan kulit kepala lembab, sehinga jamur Mallassezia ( penyebab ketombe) akan segera datang dan berkembang biak.

10. Jika di rumah atau lingkungan ayng aman ( yang bebas dari bukan Muhrin ) sebaiknya rambut dibuka, diurai dan dianginkan. Tujuannya, agar rambut bisa leluasa bernafas.

Semoga bermanfaat ya….

2 Responses to "Jilbab penghlang berhias dan penyebab kerusakan rambut??"

Tidak ada alasan bagi seorang muslimah untuk tidak menggunakan Jilbab karena hal ini sudah menjadi kewajiban sebagaimana Allah Firmankan,

seorang yang menggunakan jilbab adalah orang yang memang selalu menjaga perhiasannya, dan tidak mau jika perhiasannya menjadi tontonan gratis semua orang yang memang bukan haknya.

Dia akan memperlihatkannya hanya untuk seorang pendamping hidupnya. dan sungguh beruntung orang yang mendapatkannya..

Smangat…buat yang sudah bisa berjilbab, pasti Allah akan membalasnya dengan kebaikan di dunia dan akhirat..

yaps mener banget…
bahasanya rancu g k2..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: